Advertisement

Jumat, 26 Juli 2013

Motor Penjelajah KTM Mendarat di Indonesia



PT Moto KTM Indonesia secara resmi meluncurkan sepeda motor berjiwa penjelajah sejati yakni 1190 Adventure dan 1190 Adventure R. Keduanya didatangkan langsung dari tanah kelahirannya, Austria.

Motor ini mengawali debut dunia saat ajang Intermot yang berlangsung tahun lalu di Cologne, Jerman. Keduanya memiliki kemampuan dan karakter yang kuat untuk melintasi jalanan dan off-road ringan, maupun berat.

Sebagai motor petualang, KTM 1190 memiliki tampang khas. Kaki-kaki depan yang tinggi besar membuatnya terlihat sangat kokoh. Keunggulan lainnya adalah bobotnya yang diklaim lebih ringan sehingga sangat mudah untuk dikendalikan serta nyaman saat bepergian.

Menariknya, pengendara dapat mengatur suspensi yang diinginkan sesuai dengan karakter jalan yang akan dilalui. Hal ini berkat fitur Electronic WP Suspension yang dapat diatur secara elektronik (KTM 1190 Adventure). Selain itu, fitur Anti-lock brake system (ABS) yang tersemat pada rem depan dan belakang dapat dinon-aktifkan.

Guna menunjang keselamatan si penunggang, KTM membekali 1190 Adventure dengan Traction Control dari Bosch. Motor penjelajah ini juga menawarkan sensor tekanan ban dan lima mode berkendara seperti Sport, Street, Rain, Offroad dan Off mode.

Asyiknya, motor dengan bobot yang sangat ringan untuk kelas adventure yaitu 250 kg dalam kondisi fuel tank, begitu hemat dalam hal perawatan rutinnya yakni setiap 15.000 km.

Perbedaan mendasar antara 1190 Adventure dengan 1190 Adventure R terletak pada perangkat suspensi travel yang diadopsi. 1190 Adventure memiliki ukuran 210 mm dan Adventure R 265 mm. Selain itu, pengaturan suspensi KTM 1190 Adventure dilakukan secara elektronik dengan tombol yang terdapat di kiri pengendara. Sedangkan 1190 Adventure R pengaturan suspensinya dilakukan secara manual.

Sebagai informasi, keduanya menggunakan mesin yang sama yakni V 75 derajat, dua silinder, liquid-cooled, dengan pengapian busi ganda (twin plug ignition), bersistem injeksi, engine management terbaru keluaran Keihin, berteknologi drive-by-wire dan anti-hopping clutch. Jantung mekanis berkubikasi 1190 cc ini mampu menghasilkan tenaga hingga mencapai 150 PS dengan torsi maksimum 125 Nm.

Lalu berapa harga yang ditawarkan KTM Indonesia? "Harga KTM 1190 Adventure kira-kira Rp450 jutaan. Itu sudah On the Road," R Kreisna Tirta Marketing &Promotion Director PT Moto KTM Indonesia saat peresmian KTM Superstore SCBD di Jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar